Komitmen Imigrasi Palopo di Masa Pandemi, Punya Segudang Inovasi, Mulai dari PANJALU Sampai Drive THRU

PALOPO–Masa pandemi bukan halangan bagi Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo untuk terus berkreasi dan mengabdi bagi peningkatan layanan publik.
Saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/1) Kepala Kantor Imigrasi Palopo, Benyamin Kali Patembal Harahap mengatakan, pandemi Corona membuat pihak Imigrasi mengambil kebijakan dengan memperketat protokol kesehatan sambil terus melakukan inovasi.
Salah satunya dengan mengurangi kontak fisik antara Petugas di kantor Imigrasi dengan masyarakat atau pengunjung.
“Kami anggap yang datang ke sini adalah orang yang sudah paham segala persyaratan pengurusan dokumen keimigrasian, baik Paspor maupun yang lainnya. Sehingga mereka ketika datang sudah lengkap dengan berkas dan pembayarannya,” kata Benny, sapaan akrabnya.
Alasannya, lanjut dia, karena untuk mengurangi terjadinya kontak fisik. Kalau ada yang datang lantas nanya-nanya dulu maka resiko penyebaran covid-19 akan lebih besar. Karena terjadi interaksi dengan Petugas, meski aturan 3 M bagi protokol kesehatan tetap diberlakukan dengan ketat di kantor yang terletak di Jalan Patang II nomor 2 Tomarundung, Wara Barat itu.
“Jadi yang belum paham tentang syarat, kami arahkan di luar untuk membaca semua syarat-syarat secara rinci, bahkan jumlah yang harus dibayar juga secara transparan kami cantumkan di panel informasi depan pintu masuk,” terangnya.
Bahkan, kata dia lagi, ada nomor telepon layanan informasi dan layanan online bagi masyarakat untuk mengurangi jumlah antrian di loket.
Bukan hanya itu. Komitmen penuh Imigrasi Palopo dalam ikut membantu pemerintah mencegah penyebaran virus corona dilakukan dengan membuat loket Drive Thru.
“Disini masyarakat yang datang tak perlu lagi masuk ke dalam kantor, cukup dari atas kendaraan baik motor atapun mobil pengunjung di halaman depan kami sediakan loket khusus Drive Thru, sisa klakson, transaksinya langsung di atas kendaraan,” bebernya.
Artikel terkait



Leave a Reply